Kementan Beri 50 Ribu Vaksin PMK untuk Lampung, Sudin : Distribusikan Secara Maksimal ke Seluruh Daerah


Bandar Lampung – Komisi IV DPR RI melaksanakan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung dalam rangka reses masa sidang V tahun 2021-2022 bersamaan dengan pemberian vaksin untuk hewan ternak oleh Kementerian Pertanian di Mahan Agung, Rumah Dinas Gubernur Lampung, Rabu (13/7/2022).


Vaksin tersebut diberikan guna menanggulangi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak yang ada di Provinsi Lampung dan diserahkan langsung oleh Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Nasrullah kepada Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi.


Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin mengungkapkan jika dirinya meminta kepada Kementerian Pertanian untuk segera mendistribusikan vaksin PMK secara maksimal ke semua daerah termasuk Lampung. 


“Anggaran penanganan PMK sudah ditandatangi oleh kami dengan nilai anggaran Rp4,7 triliun. Sekarang masih dalam proses dan Insyaallah minggu depan sudah cair. Ini untuk obat, vaksin dan vitamin,” terangnya.


Sudin yang juga ketua DPD PDI Perjuangan Lampung tersebut juga meminta agar semua pihak mulai dari pemerintah pusat, provinsi hingga kabupaten/kota untuk dapat bersama-sama menanggulangi PMK.


“Harapannya semua pihak wajib bekerja sama, kalau Gubernur belum tentu bisa. Tapi kan pemerintah ada Kepala Dinas, Bupati dan Walikota jadi harus kerjasama,” kata Sudin.


Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Nasrullah mengatakan, pihaknya menyerahkan vaksin PMK untuk Lampung sebanyak 50 ribu dosis.


“Hari ini kami serahkan lagi vaksin PMK sebanyak 50 ribu dosis untuk Lampung. Vaksin sendiri yang diterima pusat sekarang jumlahnya baru 5 jutaan dosis. Untuk produksi dalam negeri rencananya nanti di bulan Agustus atau September mulai produksi,” kata Nasrullah. 


Nasrullah mengungkapkan jika pemerintah pusat akan memberikan kompensasi kepada para peternak yang sapinya terpaksa dipotong bersyarat akibat terjangkit PMK.


“Peternak yang akan menerima kompensasi adalah yang sapinya terpaksa dipotong bersyarat. Rencana akan dibantu Rp10 juta per ekor. Nanti akan ada syarat yang harus dipenuhi dan beberapa hari lagi kita akan lakukan sosialisasi,” tandasnya. (*)


Tonton Video PDI Perjuangan Lampung : Sudin, SE Pimpin Kunjungan Kerja Komisi IV DPR-RI

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://pdiperjuanganlampung.id/
https://pdiperjuanganlampung.id/