Survei Rakata, PDI Perjuangan Miliki Elektabilitas Tertinggi


Bandar Lampung – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi parpol dengan elektabilitas tertinggi di Kota Bandar Lampung berdasarkan hasil survei Rakata yang dirilis di Cafe Kiyo, Bandar Lampung, Rabu (17/8).


Dalam rilis kali ini mengusung tema ’Prefensi Publik Bandar Lampung terhadap Partai Politik, Kandidat Presiden RI, Kandidat Gubernur Lampung dan Kandidat Walikota Bandar Lampung Tahun 2024’.


Direktur Eksekutif Rakata, Riska Melinda, mengatakan sesuai hasil survei yang dilakukan oleh tim Rakata PDI Perjuangan menjadi parpol dengan elektabiltas tertinggi di Bandar Lampung.


Riska menjelaskan, PDI Perjuangan memimpin dengan total persentase sebesar 18,33% disusul Golkar dengan 10,71%, dan Nasdem diposisi ketiga dengan 7,86%.


“Survei ini menggunakan sampel 420 responden. Dengan metode stratified random sampling, dan memilki margin error 5% pada tingkat kepercayaan 95%. Sampel berasal dari Kota Bandar Lampung yang terdistribusi secara proporsional,” kara Riska, Rabu (17/8).


Survei dilaksanakan periode 1 Agustus sampai 5 Agustus 2022. Riska menerangkan, swing voters yang dipakai merupakan pemilih yang belum menetapkan pilihannya kepada parpol tertentu.


Dalam survei tersebut disebutkan lima besar elektabilitas kandidat Presiden, yakni Anies R. Baswedan 16,43%, Ganjar Pranowo 15,48%, Prabowo Subianto 7,38%, Ridwan Kamil 6,43%, Sandiago Uno 2,14%, AHY 1,90%, Erick Thohir 1,67%, dan calon lainnya dibawah satu persen seperti, Gatot Nurmanyanto, Khofifah, Susi Pudji dan lain-lainnya.


Selanjutnya, elektabilitas Gubenur Lampung 2024 di Bandar Lampung, yakni Herman HN 23,3%, Eva Dwiana 2,38%, Arinal Djunaidi 1,19%, dan nama lainnya sperti Chusnunia Chalim, Hantoni Hasan, M. Rihdo Ficardho, Umar Ahmad, Agus Istiqlal, Aries Sandi, Bachtiar Basri, Dendi Romadona Edy Irawan Arief, M. Alzier, M. Khadafi, Muchlis Basri, dan Raden Adipati, semuanya di bawah 1%.


Terakhir, elektabilitas kandidat Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana 33,81%, Herman HN 4,52%, Rycko Menoza 2,38%, Kherlani 1,67%, Fauzan Sibron 1,91%, A. Muzammil Yusuf 1,19%. Kemudian calon lain seperti Ike Edwin Firmansyah, Ade Ibnu Utami, Badri Tamam, Wiyadi, Tulus Purnomo, Janes Mugni, Asep Saripudin masing-masing di bawah satu persen.


Ketua DPC PDI Perjuangan Bandar Lampung, Wiyadi, mengatakan hasil survei Rakata menjadi tolak ukur untuk menentukan langkah selanjutnya menjelang Pemilu 2024 mendatang.


“Kami bersyukur hasil survei Rakata menetapkan PDI Perjuangan menjadi parpol dengan elektabilitas tertinggi di Bandar Lampung. Kami akan terus bekerja keras agar PDI Perjuangan terus mendapatkan dukungan masyarakat,” ujarnya.


Ia berharap kepada semua pengurus partai, kader dan simpatisan PDI Perjuangan di Bandar Lampung terus bekerja keras untuk semakin mendekatkan diri dengan masyarakat. (*)


Sumber : Kupastuntas.co


Tonton Video PDI Perjuangan Lampung : Semarak HUT RI Ke-77 DPD PDI Perjuangan Lampung!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://pdiperjuanganlampung.id/
https://pdiperjuanganlampung.id/