Sudin Ketua DPD PDI Perjuangan Lampung Hadiri Dharmasanti Waisak 2022


Bandar Lampung – Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung, Sudin menghadiri acara Dharmasanti Waisak Tahun 2022/2566 TB di Gedung Metta Sarana, Jalan Ikan Bawal, kecamatan Teluk Betuk Selatan, Sabtu (4/6/2022).


Kegiatan tersebut dihadiri 1500 umat Budha se Provinsi Lampung dan diselenggarakan atas kerjasama semua majelis Agama Budha yang ada di Provinsi Lampung yaitu MBI (Majelis Buddhayana Indonesia), ZFZ kasogathan, Magabudhi, MAPANBUMI, MNSBDI, PBDNSI, Gemabudhi, tzu chi, MABGI, MABIKTI, Tridharma dengan satu wadah berkumpulnya majelis-majelis Yaitu Permabudhi ( Persatuan Umat Buddha Indonesia ).


Ketua Pelaksana Kegiatan , Christian Chandra dari perwakilan Majelis ZFZ Kasogathan dengan didampingi oleh Sekretaris Panitia Pelaksana, Deddy Wijaya Candra perwakilan dari Generasi Muda Buddhis Indonesia mengatakan, dengan adanya Dharmasanti Waisak ini menunjukkan kompaknya umat Budha Provinsi Lampung, dan adapun  tema yang diangkat dalam Dharmasanti Waisak Provinsi Lampung 2022 adalah Moderasi Beragama Membangun Kedamaian.


“Dharmasanti Waisak bersama se Provinsi Lampung ini adalah rangkaian puncak perayaan Waisak yang diadakan oleh masing-masing majelis di wiharanya. Dharmasanti Waisak ini menunjukan kompaknya Umat Buddha di Provinsi Lampung, dan dengan sinkronnya Tema Moderasi Beragama Membangun Kedamaian, menunjukan Umat Buddha, khususnya di Lampung membuka diri untuk selalu bersama-sama dengan agama lain berperan aktif dalam pembangunan, serta berbakti untuk bangsa dan negara,” kata Christian.


Ia menambahkan, tidak sedikit kemeriahan yang disuguhkan dalam Dharmasanti Waisak ini salah satunya yaitu suguhan doorprize yang diikuti oleh 1500 umat yang hadir.


“Meriahnya lagi 1500 umat yang hadir di gedung Metta Sarana yang berada di Jalan Ikan Bawal, Kecamatan Teluk Betung Selatan ini, disuguhi doorprize yang makin menambah meriahnya acara, doorprizenya macam-macam seperti kulkas, tv dan lainnya,” ungkapnya.


Diketahui, acara dibuka dengan pembacaan syair dhammapada, dilanjutkan pertunjukan seni yang dipersembahkan indah, kompak, dan menarik oleh setiap majelis. Secara apik tim gamelan dipersembahkan oleh MBI Kabupaten Lampung Selatan mengiringi setiap peralihan pentas-pentas seni tersebut.


Christian mengatakan, kegiatan tersebut tidak terlepas dengan peraturan yaitu tetap mewajibkan kepada seluruh umat dan tamu undangan yang hadir untuk mematuhi protokol kesehatan.


“Tidak lupa acara Dharmasanti Waisak kali ini, tetap mematuhi protokol kesehatan dengan mewajibkan setiap peserta yang hadir menggunakan masker selama di dalam gedung, cek suhu badan sebelum masuk, serta menunjukan sudah divaksin Covid-19 minimal 2 kali,” jelasnya.


Selain itu, pihaknya juga mengadakan kegiatan sosial dalam bentuk donor darah yang bekerja sama dengan PMI Lampung.


Sekretaris Panitia Pelaksana, Deddy Wijaya Candra sekaligus Wakil Ketua Bidang Pariwisata, Pemuda dan Olahraga DPD PDI Perjuangan Lampung mengapresiasi dengan adanya kegiatan Dharmasanti Waisak ini.


“Saya pribadi sangat mengapresiasi kebersamaan serta kompaknya majelis-majelis Buddha Lampung, tim koko cici lampung, juga para rekan mahasiswa, sehingga acara Dharmasanti Waisak ini dapat terselenggara dengan baik,” katanya.


Ia juga berterimakasih kepada pihak pengamanan sehingga kegiatan berjalan dengan lancer tanpa halangan apapun.


“Tidak lupa juga kami panitia mengucapkan banyak terima kasih kepada Pengamanan yang dibantu oleh pihak Polda Lampung di tambah oleh rekan Pecalang dan Banser NU, menambah indah nya kebersamaan dalam acara Dharmasanti Waisak 2566TB/2022 kali ini.” utas Deddy.


Diketahui, Dharmasanti Waisak 2022 tidak hanya dihadiri oleh umat Buddha se Provinsi Lampung tapi dihadiri juga oleh Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, Forkopimda Lampung,  FKUB Provinsi Lampung, Plt. Dirjen Agama Buddha dari Kementerian Agama RI, Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung , Anggota DPRD Provinsi Lampung Budhi Condrowati, Walikota Kota Bandarlampung Eva Dwiana serta para tokoh Pemuda lintas agama diantaranya Pemuda Katholik dan Peradah, serta didukung oleh Banser Kota Bandar Lampung. (*)


Tonton Video PDI Perjuangan Lampung : PDI Perjuangan Lampung Menyapa, “Pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku Hewan Ternak”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://pdiperjuanganlampung.id/
https://pdiperjuanganlampung.id/