Sudin Harap KLHK Berkomitmen Perbaiki Kualitas Lingkungan Hidup Indonesia


Jakarta – Komisi IV DPR RI berharap Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berkomitmen memperbaiki kualitas lingkungan hidup Indonesia. Perbaikan ini perlu didorong oleh KLHK dengan pemulihan baik sektor ekonomi dan sosial yang berorientasi pada perlindungan sumber daya hutan  demi mewujudkan Folu Net Sink 2030.


Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi IV DPR RI Sudin saat membuka Rapat Kerja Komisi IV DPR RI dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Senin (13/9/2022).


Membahas Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA K/L) tahun 2023, dirinya juga menekankan hutan harus dilindungi dari potensi kebakaran hutan dan lahan dari El-Nino pada tahun mendatang.


“Komisi IV DPR RI berharap KLHK memprioritaskan rencana kerja dan anggaran untuk program prioritas yang memberikan pemulihan ekonomi dan sosial bagi masyarakat sekitar hutan. KLHK juga terus memegang komitmen untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup dan menjaga kelestarian hutan dan sumber daya hutan, tidak hanya untuk Folu Net Sink 2023, tapi juga mitigasi El Nino tahun 2023,” ungkapnya.


Sehingga, seiring dengan bertambahnya anggaran KLHK tahun 2023, Politisi Fraksi Partai Golongan Karya (F-Golkar) DPR RI itu juga berharap Inspektorat Jenderal Kementerian LHK meningkatkan kinerja.


Baginya, pengawasan yang profesional harus terjadi untuk mendukung program maupun kegiatan guna menjamin mutu kinerja Kementerian KLHK.


Sudin meminta, baik KLHK dan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove, untuk mempercepat pencapaian Rencana Kerja dan Anggaran 2022 dengan optimal.


“Tentu dengan langkah-langkah konkrit, dan harus dilaksanakan dengan sistematis, terukur, dan tepat sasaran agar pemulihan yang diharapkan tercapai sesuai target,” tandasnya. (*)


Tonton Video Youtube : Rapat Kerja Daerah III DPD PDI Perjuangan Lampung

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *