Megawati Akan Terima Gelar Profesor Kehormatan dari Seoul Institute of The Arts Korsel


JAKARTA – Presiden kelima Republik Indonesia sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan menerima gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of The Arts (SIA), Korea Selatan.


Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan, ini merupakan gelar profesor kehormatan kedua yang diterima Megawati setelah menerima gelar profesor kehormatan di bidang kepemimpinan stratejik dari Universitas Pertahanan, Juni 2021.


Hasto mengatakan, gelar profesor kehormatan yang diberikan SIA kepada Megawati merupakan bukti besarnya kontribusi dan komitmen Megawati memperjuangkan perdamaian di Semenanjung Korea.


Baca Juga : Profil Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati yang Belum Tergantikan


“Sebab Ibu Mega yang konsisten dalam membangun dan mewujudkan perdamaian di Korea, diharapkan dengan kepemimpinan Ibu Mega yang diterima kedua belah pihak, dalam membantu proses dialog bagi masa depan peninsula itu,” kata Hasto dalam siaran pers, Minggu (8/5/2022).


Hasto mengatakan, Korea pada dasarnya adalah satu bangsa yang terbagi atas dua negara karena perbedaan ideologi selama Perang Dingin.


Ia menyebutkan, proses reunifikasi Korea harus terus dijalankan dengan cara damai dan dialog, salah satunya dengan menggunakan pendekatan diplomasi kebudayaan.


“Di sinilah pemberian profesor kehormatan diberikan kepada Ibu Megawati dari Seoul Institute of the Arts. Karena memang pendekatan kebudayaan itu suatu hal yang sangat penting,” ujar Hasto. Menurut Hasto, Megawati merupakan salah satu dari sedikit pemimpin yang dapat diterima oleh Korea Utara.


Sebab, Presiden Soekarno, orangtua Megawati, memiliki hubungan yang baik dengan Kim Il Sung, pemimpin Korea Utara pada masanya.


“Bahkan Ibu Mega pernah jadi utusan khusus Presiden Korea Selatan untuk ke Korea Utara dalam menjalankan diplomasi perdamaian,” kata Hasto.


Ia mengatakan, sebelum menerima gelar profesor kehormatan dari SIA, Megawati telah menerima gelar doktor honoris causa dari beberapa universitas di Korea Selatan, yakni Korea Matirime and Ocean Unniversity pada bidang politik serta Mokpo University pada bidang demokrasi ekonomi. (*)


Sumber : Kompas.com


Video PDI Perjuangan Lampung : Senam Indonesia Cinta Tanah Air (SICITA) – DPD PDI Perjuangan Lampung

2 komentar untuk “Megawati Akan Terima Gelar Profesor Kehormatan dari Seoul Institute of The Arts Korsel”

  1. Pingback: Megawati Dapat Gelar Profesor dari SIA, Inilah Deretan Penghargaan Ketum PDIP - PDI Perjuangan Lampung

  2. Pingback: PDI-P Bangga Megawati Dapat Gelar Profesor Kehormatan dari SIA Korsel - PDI Perjuangan Lampung

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *