DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung Gelar Upacara HUT Pancasila, Sutono : Jadikan Pancasila Pedoman Hidup


Bandar Lampung – DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung memperingati Hari lahir Pancasila 1 Juni 1945 dengan menggelar upacara di Kantor DPD PDI Perjuangan setempat, Rabu (1/6/2022).


Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung, Sudin yang diwakili Sekretaris DPD PDI Perjuangan menyampaikan, Pancasila merupakan hal dasar yang pastinya sudah dipahami oleh masyarakat khususnya para kader dan fungsionaris PDI Perjuangan.


“Pancasila kita sudah paham semua, dan kita tahu sebagai kader pdi perjuangan bahwa yang menggali Pancasila adalah Bung Karno. Kita juga sudah paham apabila tidak ada Pancasila, Indonesia tidak berdiri. Saya berdiri disini atas izin ketua¬† akan memberi beberapa catatan dengan poin penting, salah satunya dengan pertanyaan mengapa pancasila ada untuk hidup kita,” kata Sutono saat memberikan amanat pada upacara peringatan HUT Pancasila.


Ia menambahkan, Indonesia merupakan suatu negara yang dibangun untuk semua, tentu kemerdekaan ini tidak luput dengan adanya perjuangan yang dilakukan oleh para pendiri bangsa.


“Banyak sekali kekayaan dan keberagaman yang ada di Indonesia. Mulai dari suku, ras, agama, budaya, dan bahasa serta keberagaman lainnya. Mendirikan bangsa Indonesia oleh para pendiri bangsa khususnya Bung Karno sangatlah tidak gampang, banyak perjuangan yang harus mereka berikan,” utasnya.


Sutono menyampaikan salah satu catatan yang sempat dilantangkan oleh Bung Karno yaitu “Jikalau bangsa ini tidak bersatu dan tidak bertekad mati-matian untuk merdeka, tidaklah merdeka menjadi milik Bangsa Indonesia”.


“Jadi poin penting disini adalah untuk memerdekakan Indonesia, harus ada tekad mati-matian, beliau juga menyampaikan pilihan merdeka sekarang atau nanti, sampai Bung Karno membandingkan kemerdekaan dengan perkawinan yang artinya tidak perlu kelengkapan apapun untuk merdeka tapi yang diperlukan yaitu keberanian dan kemauan,” katanya.


Ia menambahkan, Pancasila sudah menjadi norma fundamental, filsafat dan pikiran yang sedalam-dalamnya. Jiwa serta hasrat untuk mendirikan bangsa Indonesia yang merdeka, kekal dan abadi.


“Jadi inilah syarat untuk mengklaim diri kita sebagai Bangsa Indonesia. Selamat hari Pancasila, bangkitlah semangat merdeka, semangat pancasila, jadikanlah pancasila menjadi pedoman bangsa Indonesia,” ungkapnya.


Pancasila merupakan hal dasar yang harus diambil dan dibawa setiap melangkah dan bergerak sehingga mencapai terwujudnya keadilan, Indonesia rasa, Indonesia Raya, dan Indonesia yang sejati – sejatinya Merdeka.


Adapun hadir dalam Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Pancasila di Kantor DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung yaitu, Fungsionaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung, Komunitas Juang Badan Tingkat Provinsi Lampung, serta sejumlah DPC di Bandar Lampung. (*)


Tonton Video PDI Perjuangan Lampung : Ini Dia! Diklat Pratama DPC PDI Perjuangan Tanggamus

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://pdiperjuanganlampung.id/
https://pdiperjuanganlampung.id/