Disertasi Diuji Megawati, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto Lulus dengan Predikat Cum Laude


Jakarta – Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto dinyatakan lulus ujian promosi doktoral Universitas Pertahanan (Unhan).


Dalam sidang promosi doktoral di Gedung Aula Merah Putih, Unhan, Senin (6/6/2022), Hasto berhasil mempertahankan disertasinya yang bertema “Diskursus Pemikiran Politik Soekarno dan Relevansinya Terhadap Pertahanan Negara”.


Keputusan kelulusan Hasto dibacakan Mayor Jenderal Joni Widjayanto. Joni menyatakan Hasto lulus dengan predikat summa cum laude.


“Setelah mendengarkan keterangan dan pertimbangan dewan penguji, serta nilai yang telah diberikan, saya membacakan hasil sidang promosi terbuka dan sidang yudisium program doktor Universitas Pertahanan RI. Nama Doktor Insinyur Hasto Kristiyanto MM….. predikat summa cum laude,” kata Joni.


Dengan kelulusan tersebut, Hasto kini berhak mendapatkan gelar doktor di bidang ilmu pertahanan.


“Saudara berhak menyandang gelar doktor bidang ilmu pertahanan RI yang ke-19,” tambahnya.


Sebelum diumumkan, sidang sempat diskors selama 10 menit. Jeda itu diperlukan sehingga sidang dewan penguji bisa dilakukan.


Penguji disertasi Hasto antara lain Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Kepala BIN Budi Gunawan.


Setelah pengumuman oleh Joni, Sekretaris Program Doktoral Unhan, Herlina Juni Risma Saragih, mengumumkan surat keputusan yang meresmikan prestasi Hasto itu.


Dia membacakan Surat Keputusan Rektor Unhan RI nomor 172 tahun 2022 tentang Penetapan Kelulusan Pendidikan Pasca Sarjana Program Doktor Unhan RI tahun 2022.


Sejumlah elit politik Indonesia turut menghadiri sidang promosi doktoral Hasto di Aula Merah Putih, Unhan, Bogor pada Senin.


Tampak hadir Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, serta sejumlah menteri dan kepala lembaga.


Para menteri yang hadir antara lain Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono, Menteri Sosial Tri Rismaharini.


Kemudian Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Kepala Bapennas Suhars Monoarfa, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Menteri Kominfo Johnny G Plate, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi, dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.


Selain itu hadir juga Kepala BIN Budi Gunawan, Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Isma Yatun dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Lemhanas Andi Widjajanto, dan anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto. (*)


Sumber : Kompastv


Tonton Video PDI Perjuangan Lampung : PDI Perjuangan Lampung Menyapa, “Pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku Hewan Ternak”0

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *